SELAMAT DATANG DI BLOG INI.. KAMI MEMBERIKAN TIPS AND TRICKS, TUTORIAL SEPUTAR KOMPUTER

Pengertian,Fungsi dan Kategori Kabel UTP

Posted by Robby Firlana on Tuesday, May 9, 2017

Pengertian Kabel UTP

    Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, tetapi tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik.

Fungsi Kabel UTP

   Fungsi kabel UTP adalah digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta di bagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

berikut adalah beberapa kategori kabel UTP berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data :

Kabel UTP Cat 1

   Kabel UTP Cat 1 biasanya digunakan untuk kabel komunikasi telepon, sehingga tidak cocok untuk data. Kabel cat 1 digunakan sebelum tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS) dan ISDN.

Kabel UTP Cat 2

   Kabel Cat 2 mampu mengirim file data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps.

Kabel UTP Cat 3

   Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang didesain untuk network dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.

Kabel UTP Cat 4

   Kabel Cat 4 mampu mengirim file data dengan kecepatan sampai dengan 16 Mbps.

Kabel UTP Cat 5

   Kabel UTP Cat 5 adalah kabel UTP dengan standar yang diciptakan pada tahun 2001 oleh TIA/EIA-568-B. Kabel UTP Cat 5 hanya dapat melakukan transmisi data sebesar 100 Mbit/s.

Kabel UTP Cat 5e

   Kabel UTP cat 5e adalah kabel utp yang telah ditingkatkan kemampuan menampung lebar data, maupun kemampuan mengirim data, Cat 5e memiliki kemampuan speed maksimal 350 Mhz atau setara dengan 1Gbit/s.

Kabel UTP Cat 6

   Kabel UTP Cat 6 adalah kabel premium yang di pasaran jauh lebih mahal dari cat 5e. Cat 6 ini memiliki kemampuan waktu delay nyaris 0 (nol) ketika mengirimkan data, sekaligus kemampuan maksimal panjang kabel lebih dari 100 meter, maksimal kabel cat 6 adalah 200 meter dan maksimal lebar data atau kemampuan transfer data sebesar 10 Gbit/s.

Kabel UTP Cat 7

   Kabel UTP Cat 7 adalah kabel premium yang sangat cocok sebagai media yang high traffic berbagai aplikasi dalam satu kabel. Kabel cat 7 sepanjang 15 meter mampu mengirimkan sinyal dan data sebesar 100 Gbit/s.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment